Rabu, 05 Juli 2017

Tugas Akuntan dalam Perusahaan

Tugas Akuntan dalam Perusahaan

Tugas Akuntan dalam Perusahaan - American accounting assocition mendifinisikan akuntansi seperti berikut : 
“........ sistem pengidentifikasian, mengukur serta memberikan laporan info ekonomi, untuk meungkinkan ada penilaian serta ketentuan yang pasti serta tegas untuk mereka yang memakai informsi tersebut”. 2 
Dari pengertian diatas, terang kalau maksud dari akuntansi yaitu menghidangkan info ekonomi (economic information) dari satu kesatuan ekonomi (economic entity) pada pihak-pihak yang mempunyai urusan. Dalam buku ini yang di maksud dengan kesatuan ekonomi yaitu tubuh usaha (bussines enterprise). Info yang di haislkan oleh akuntansi bermanfaat untuk pihak-pihak didalam perusahaan tersebut ataupun pihak-pihak diluar perusahaan. 
Dapat disebut akuntansi yaitu “bahasa bisnis” (language of usaha) karna lewat akuntansilah info usaha dikomunikasikan pada beberapa pemangku kebutuhan. Misalnya, laporan akuntansi yang merangkum keuntunganabilitas product baru akan menolong management satu perusahaan (company) untuk mengambil keputusan apakah product yang mereka hasilkan itu selalu di jual. Demikian juga analisa pasar modal memakai laporan akuntansi untuk mengambil keputusan apakah mereka butuh mereferensikan untuk beli saham perusahaan itu atau tidak. Bank memakai laporan akuntansi untuk mengambil keputusan pemberian sarana credit manfaat beli perlengkapan serta bahan baku untuk perusahaan itu.. 

B. Beberapa Jenis Akuntan Serta Peranannya 

Pada dasarnya akuntan bisa dapat di golongkan jadi : 
1. Akuntan umum (public accountasnts) 
2. Akuntan manajemen (manajement accountants) 
3. Akuntan pemerintah (government accountants) 
4. Akuntan pendidik 3 
Akuntan umum atau terkadang di sebut akuntan ekstern (external accountants) yaitu akuntan berdiri sendiri yang memberi jasa-jasanya atas pembayaran spesifik, yang mana hasil dari akuntan umum itu akan di menjadikan tolak ukur dari umum umum untuk menilainya satu perusahaan. Corak ciri khas dari akuntan umum ini yaitu mereka bekerja dengan bebas. Seseorang akuntan umum akan memberi service jadi mana tersebut : 
1. Layanan kontrol (audit) 
2. Layanan perpajakan (tax service) 
3. Layanan konsultasi manajemen (manajement adversory service) 
4. Layanan akuntansi (accounting service) 
Akuntan manajemen yaitu akuhntan yang bekerja dalam satu perusahaan atau organisasi. Sedang akuntansi pemerinyah adlah akuntan yang bekerja pada sebagian tubuh pemerintah, seperti departemen-departemen tubuh pengawas keuangan serta pembangunan (BPKP), tubuh pemeriksa keuangan (BAPEKA), derektorat jenderal pajak dan sebagainya.


tugas seorang akuntan secara umum
tugas akuntan dalam perusahaan
pekerjaan akuntan di bank
tanggung jawab seorang akuntan
pekerjaan accounting seperti apa
contoh pekerjaan accounting
tugas jubir presiden
gaji akuntan
tugas akuntan
gaji akuntan
pengertian akuntan menurut para ahli
seorang akuntan
fungsi akuntan
macam macam akuntan
gelar akuntan
syarat menjadi akuntan
contoh akuntan publik
tugas akuntan publik auditor independen
akuntan intern
akuntan pemerintah
tugas underwriter
pengertian akuntan publik menurut para ahli
profesi akuntansi publik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar